Resep Soto Daging Bening Solo

Bahan-bahan:



- 500 gr daging sapi, potong-potong


- 2 L air


- 2 batang serai, memarkan


- 4 lembar daun jeruk


- 4 lembar daun salam


- 2 cm lengkuas, memarkan


- 3 siung bawang putih, haluskan


- 5 siung bawang merah, haluskan


- 1 sdt garam


- 1 sdt merica bubuk


- 2 sdm minyak goreng


- 2 sdm air jeruk nipis


- 2 sdm daun bawang, iris halus


- 2 sdm seledri, iris halus



Cara membuat:



1. Rebus daging sapi dalam air mendidih hingga empuk.


2. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas hingga harum.


3. Masukkan daging dan air rebusan ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan garam dan merica bubuk. Aduk rata.


4. Masak hingga matang dan kuah bening.


5. Sajikan soto daging bening solo dengan taburan daun bawang dan seledri di atasnya.



Informasi nutrisi:



Satu porsi soto daging bening solo (300 gr) mengandung:


- Kalori: 250 kalori


- Protein: 27 gr


- Lemak: 12 gr


- Karbohidrat: 9 gr


- Serat: 1 gr


- Kalsium: 38 mg


- Zat besi: 4,7 mg


- Vitamin A: 180 IU


- Vitamin C: 2,7 mg


Soto daging bening solo adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan kuah beningnya yang segar. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Selain enak, soto daging bening solo juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.


Bahan utama dari soto daging bening solo adalah daging sapi yang kaya akan protein dan zat besi. Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk membangun sel-sel baru dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Sementara itu, zat besi berperan penting dalam membantu pembentukan sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.


Selain daging sapi, bumbu-bumbu yang digunakan dalam soto daging bening solo juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Serai, daun jeruk, dan lengkuas mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sementara itu, daun bawang dan seledri mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan vitamin A serta C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Untuk membuat soto daging bening solo, pertama-tama daging sapi direbus hingga empuk. Kemudian bumbu-bumbu seperti serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas ditumis hingga harum. Setelah itu, daging dan air rebusan dimasukkan ke dalam tumisan bumbu dan dimasak hingga matang. Sajikan soto daging bening solo dengan taburan daun bawang dan seledri di atasnya.


Satu porsi soto daging bening solo (300 gr) mengandung sekitar 250 kalori, 27 gram protein, 12 gram lemak, 9 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Selain itu, hidangan ini juga mengandung kalsium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang dan darah. Nikmati soto daging bening solo sebagai hidangan yang lezat dan bergizi untuk keluarga Anda.


close